Pengalaman Suntik Keloid Bandel - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Sunday, February 7, 2021

Pengalaman Suntik Keloid Bandel

Injeksi Keloid

Nama saya yuda umur 19 tahun asal Lampung. Cerita sedikit, dulu tanganku pernah alami luka bakar... ya ga begitu parah juga sih. Ga ada perawatan apapun untuk luka bakar ditanganku. Cuma aku biarin aja sampe kering. Herannya pas luka bakar tadi udah kering warna kulit bekas luka tadi kok beda warnanya sama kulit disekitarnya. Aku ditambah bingung lagi waktu ngerasain kulit bekas lukaku makin lama makin tebel aja (sedikit agak keras). 

Ibuku yang tau kalo bekas lukaku jadi kaya gini langsung bilang "ini keloid nih". Lah apaan keloid? Langsung deh aku googling sebenernya keloid itu apa? Apa ini penyakit atau bukan. Setelah lama nelusurin tiap web di halaman google aku jadi sedikit paham kalo keloid ini sebenernya bukan dikategorikan sebagai penyakit. Keloid adalah jaringan parut yang tumbuh melebihi batas normalnya. Jadi, keloid ini hidup dan bisa terus tumbuh. Gitu sih poin yang udah aku dapet dari baca banyak artikel. Ternyata eh ternyata keloid itu bawaan orang tua maksudnya bersifat turunan. Orang tua yang memiliki bibit keloid bisa jadi akan mewariskannya pada anak-anaknya.


Balik lagi ke cerita, banyak artikel kesehatan bilang pantangan untuk orang yang punya keloid itu adalah untuk menghindari gesekan pada area keloid dengan benda apapun termasuk baju. Lah aku mikir ga mungkin juga kalo keloidku ga kesenggol baju karena yang mana keloidku ada dipergelangan tangan kanan. Awalnya aku anggep keloid ini biasa aja dan ga berbahaya karna aku juga masih merasa nyaman sama keloidnya. Berbulan bulan berjalan aku amatin tuh keloid ditangan aku kok jadi timbul yak. Tapi walaupun begitu masih tetep aku biarin sampe pada akhirnya berminggu-minggu berjalan keloidku mulai gila. Keloidku udah gatel anying, tambah gede jadi selebar kelereng. Karena udah ngerasa ga nyaman banget aku balik googling lagi terus ngesearch cara menghilangkan keloid. Disini ada dua jalan mau pilih cara alami atau cara medis. Ini foto awal keloidku :


Pertama-tama aku pilih cara alami dulu pake bawang putih halus yang harus ditaruh diarea keloid tapi hasilnya malah buat kulit keloid melepuh karna bawang kan emang panas. Aku langsung pake cara kedua yang dibilang nenekku yaitu ngolesin keloid pake busa kayu bakar tapi hasilnya juga masih gagal. Karena udah ga percaya cara alami aku langsung gas pake cara medis lewat injeksi keloid di rumah sakit di kotaku, namanya RS Mardi Waluyo Kota Metro. Awal mau suntik keloid aku masih takut karena banyak orang bilang suntik keloid itu panas lah, sakit lah ini itu. Tapi aku tetep berani aja buat disuntik karna udah insecure banget punya keloid ditangan, pengen cepet ngilangin makhluk satu ini. 

Akhirnya aku selesai suntik keloid pertamaku waktu itu bulan februari 2020, ternyata suntik keloid ga sesakit apa yang orang bilang. Karna kan jarum suntik yang dipake kecil dan udah khusus untuk keloid. Injeksinya sendiri pake obat Flamicort dengan total ongkos suntik pertama adalah 260 ribu (mahal banget dah). Dokter bilang keloid aku boleh disuntik seminggu sekali. Dari hasil suntikan pertama tadi area keloid yang disuntik jadi menghitam dan melunak juga jadi kriput. Keloid juga sama sekali ga gatel lagi. Aku langsung pede nih kalo aku bakal sembih dari keloid. 

Suntikan ke-1

Flamicort


Lanjut suntikan kedua minggu berikutnya, kali ini ongkosnya lebih murah yaitu 200 ribu aja, hasil suntik kedua udah keliatan jelas banget kalo keloidku mulai ngecil. Untuk bulan februari total aku udah suntik empat kali terus berhenti suntik di bulan Maret 2020 karena bulan itu adalah puncak covid 19 lagi gila-gilanya. 

Udah bulan Juni 2020, aku langsung gas ke rumah sakit buat suntik keloid lagi. Dibulan ini aku lanjutin suntik keloid yang ke lima sampe yang ke tujuh sampe dapet hasil yang lumayan bagus. Keloid jadi flat rata sama kulit disekitarnya walaupun warna merah keloidnya ga bisa ilang. 

Suntikan ke-5

Suntikan ke-7

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done